Perkembangan franchising di Indonesia

By intan lestari - 12/26/2013 05:50:00 PM

 Pengertian Franchise
  adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek memberi hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara - cara yang telah di tetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu

Perkembangan Franchise di Indonesia
  Bisnis waralaba di Indonesia mulai marak sekitar tahun 1970 dengan bermunculannya restoran - restoran cepat saji seperti kentucky fried chicken, dan pizzah hut. Hingga tahun 1992 perumbuhan jumlah perusahaan waralaba mencapai 35 perusahaan. Enam diantaranya adalah waralaba lokal dan sisanya waralba asing. Perkembangan waralaba berkembang pesat sebesar 710% sejak tahun 1992 hingga 1997 sedangkan perkembangan waralaba lokal hanya menigkat sebesar 400% bertambah dari 6 perusahaan menjadi 30 perusahaan.
  Namun sejak krismon pada 1997, jumlah peusahaan waralaba asing mengalami penurunan sebesar -9,78% pada tahun 1997 sampai 2001 hal ini karena terpuruknya nilai rupiah sehingga untuk fee dan royalti serta biaya bahan baku peralatan dan perlengkapan yang dalam dollar menjadi meningkat. Hal ini mempengaruhi perhitungan jual produk atau jasanya di Indonesia. Sebaliknya waralaba lokal mengalami peningkatan sebesar 30%. Pada tahun 2001 jumlah waralaba asing meningkat sebesar 8,5% sedangkan waralaba lokal meningkat sebesar 7,69% dari tahun 2000

Saya akan  memberikan beberapa tips untuk memulai usaha franchise.

Tips - tips tersebut antara lain:

  •   Jangan mudah percaya kepada brosur apalagi calo franchise
Informasi sepihak dari pihak franchiser biasanya bersifat subjektif, jangan gampang tergida. Minta bantuan konsultan tentang uaha waralaba yang bisa di percaya dan di andalkan
  • Jangan ingin cepat kaya
Tidak ada hal apapun di dunia ini yang bisa terjadi secara instan semuanya butuh proses. Begitu juga dengan bisnis waralaba tidak ada jaminan anda akan cepat sukses. Maka dari itu bersabar dan giat bekerja itulah kunci kesukseannya.
  •  Jangan memilih franchise karena harganya murah
Franchisor membutuhkan dana nesar untuk membangun bisnisnya, maka dari itu mereka akan meminta fee dan royalti yang besar kepada anda untuk harga franchisenya. Maka dari itu teliti dalam meilih franchise yang akan di jalankan.
  • Tentukan tujuan anda memulai bisnis franchise
 Tujuan merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Jangan memulai bisnis ini hanya karena soal uang karena jika anda tidak pandai mengolah maka uang anda sendirilah yang akan melayang
  • Perhatikan tingkat resiko yang ada
 Jika anda  berniat membeli sebuah franchise pastikan dulu berapa besar rugi dan untung dalam usaha itu. Coba riset berapa banyak orang yang gagal dan berapa banyak orang yang berhasil. Jika yang berhasil mencapai 80% ke atas maka anda boleh memulainya, jika tidak lebih baik jangan.
  • Jangan memilih secara subjektif dan emosional
Jangan membeli franchise hanya karena anda dan keluarga menyukai hotdog lalu anda membeli franchise yang usahanya menjual hotdog. Anda harus pandai melihat peluang pada industri franchise apa yang sedang di nikmati oleh para konsumen
  • Hindari franchise yang hanya menjual satu produk
Jika franchise yang anda jual hanya mengeluarkan produk siap - siap tersaingi oleh pebisnis lain. Mak dari itu anda harus jeli meilih franchise dengan berbagai macam produk yang di tawarkan
  • Jangan terlalu banyak merekrut karyawan
Karena akan memakan biaya produksi yang lebih besar atau human error yang lebih gampang terjadi
  • Hindari franchisor yang terjerat masalah hukum
Adkan riset untuk mengetahui track record franchisor. Cari tau masalah hukum apa saja yang pernah atau yang sedang ia alami.
  • Kunjungi beberapa franchisor sebagai perbandingan
Agar anda mengatahi franchise mana yang lebih menguntungkan dan bisa di kelola dengan baik oleh anda tapi memiliki sistem pemasaran yang mudah.

Jenis - jenis usaha franchise yang potensial
  1. Produk dan jasa otomotif
  2. Bantuan dan jasa bisnis
  3. Produk dan jasa krontuksi, perawatan dan perbaikan rumah, jasa ac
  4. Rekreasi dan hiburan
  5. Jasa pendidikan
  6.  Fastfood
  7. Stan makanan
  8. Perawatan medis dan kecantikan
  9. Jasa membesihkan furniture
  10. Eceran atau retailing


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://jojose.blogdetik.com/?p=36
http://yuliana0208.blogspot.com/2013/04/perkembangan-waralaba-di-indonesia.html
http://benedictusa.blogspot.com/2011/11/perkembangan-bisnis-franchising.html


























  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. benar sekali saat ini perkembangan bisnis warala di indonesia sangat pesat sekali. bahkan sampai makan ringanpun di jadikan bisnis franchise waralaba murah di indonseisa. terima kasih untuk info bisnis waralabanya. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, di satu kota bisa ada puluhan bisnis franchise. kembali kasih gan, salam kenal juga. thx sudah mampir

      Hapus