Jadi Bancassurance Specialist (BAS) di BNI Life, gimana sih prosesnya?

By intan lestari - 11/08/2018 07:21:00 PM

Hai, semua! Kali ini gue mau berbagi pengalaman gue waktu ikut proses psikotes dan interview untuk posisi bancassurance specialist (BAS) di BNI Life. Sebelum gue ngejelasin gimana proses psikotes dan interview yang gue jalani, gue mau kasih sedikit informasi dulu buat kalian yang baca apa itu bancassurance dan apa itu BNI Life?

BNI Life itu sendiri merupakan salah satu bagian dari PT. Bank Negara Indonesia Tbk yang di mana mereka bergerak dibidang asuransi. BNI Life ini menawarkan berbagai jenis asuransi kepada para nasabah bank BNI, nah bancassurance specialist ini adalah agen asuransi yang akan menawarkan asuransi yang tersedia di BNI Life ini kepada para nasabah. Sejenis sama marketing gitu deh, dan biasanya si bancassurance ini ditempatin di beberapa cabang-cabang BNI yang ada di Indonesia.

Kenapa gue bilang beberapa? Karena memang belum semua cabang BNI menempatkan si bancassurance ini. Pada intinya adalah kalau lo diterima di posisi ini, kerjaan lo adalah untuk memasarkan produk-produk asuransi dari BNI Life.

Nah, gue waktu itu dapet undangan psikotes dan interview untuk posisi bancassurance specialist ini pas banget setelah gue keluar dari Gedung Bursa Efek pas gue ikut preliminary assesment di Ernst & Young.  Tapi, karena waktu itu hape gue udah hampir lowbat  dan gue kudu mesen ojek online buat ke Stasiun Sudirman, gue nggak langsuk cek email dan gue cuma liat dari notifikasi bar aja. Itu juga waktu gue abis mesen ojek online ada sedikit drama, karena ternyata gue kena double order padahal pas gue pesen itu langsung dapet driver  dan gue langsung aktifin mode airplane mode karena takut hape gue keburu mati sebelum sampe di Stasiun. 

Di tengah jalan gue coba nyalain lagi paket internet gue karena penasaran sama isi email yang gue terima, tiba-tiba ada nomor nggak dikenal yang nelpon gue tapi nggak gue angkat karena gue ngira nomer iseng doang (gue beberapa kali dapet telpon iseng soalnya) setelah gue baca isinya, gue langsung balik aktifin mode pesawat. Sekitar lima belas menitan gue sampe Stasiun Sudirman dan langsung bayar ke driver gue tanpa liat aplikasi, karena gue emang udah siapin uang dari awal. 

Sambil nunggu kereta, gue mau kasih bintang ke driver, tapi pas liat aplikasi kok ada yang jemput gue juga di Bursa Efek? Pas gue cek ternyata ada chat dari driver  kalau dia udah nyampe dan nunggu gue di depan. Gue bingung dong? Padahal gue pas mesen itu langsung dapet driver dan nggak ngutak-ngatik aplikasi lagi, gue pun ngejelasin sama driver ini kalau gue udah sampe Stasiun dan udah mau naik Kereta.

Gue minta maaf juga karena si driver harus terbuang-buang waktunya nungguin gue depan Bursa Efek, padahal guenya udah sampe Stasiun dan udah mau naik Kereta. Dan untungnya si driver ini ngerti dan cuma minta untuk cancel order aja, gue nggak enak banget waktu itu sama si Bapak sampe gue minta maaf terus huhu. Kalo inget masih berasa nggak enak.

Kira-kira begini isi email untuk panggilan psikotes dan interviewnya.

Pas sampe Rumah, gue langsung cek lagi email  yang gue terima dan nyiapin beberapa berkas yang perlu gue bawa buat psikotes dan interview besokannya. Iya, gue diminta untuk dateng keesokan harinya jam 1:00 siang di BNI Life Gatot Subroto di lantai sembilan. 

Besoknya, gue berangkat dari Rumah sekitar jam 10:00 pagi dari Bekasi ke Sudirman (Fyi, kalo mau lebih dekat bisa turun di Tebet) waktu itu gue sampe jam 12:00 siang, dan gue mutusin buat shalat dulu karena kalaupun gue lanjut ke sana, mereka lagi jam istirahat kerja. 

Waktu mau shalat ini juga agak drama dikit, karena gue kesusahan buat nyari Musholla. Gue sampe bolak-balik naik tangga karena ngikutin papan penunjuk tapi tetep nggak nemu juga, untungnya gue ketemu sama Mbak-Mbak Roti'O yang ternyata mau ke Kamar Mandi juga dan ditunjukkin jalannya, yang ternyata letak Mushollanya ada di ujung peron. Pas selesai shalat gue nemu temen yang ternyata juga mau ke sana juga, dan akhirnya bareng ke sana.

Gue sampe duluan di BNI Life ketimbang temen gue ini, karena meskipun bareng pas mesen ojek tapi driver gue dateng duluan dan nganter gue. Pas sampe gue langsung nanya satpam dan langsung diarahin ke lobby dan di lobby gue menukarkan kartu identitas gue dengan kartu visitor. 

Setelah nukarin kartu visitor gue naik ke lantai sembilan dan diarahin buat masuk ke salah satu ruangan yang ada di sebelah kanan setelah pintu masuk. Di dalam udah ada sekitar sepuluh sampe lima belas orang, beberapa di antaranya ada yang lagi ngisi absensi dan formulir. 

Gue nunggu sekitar dua puluh menit sampe staff dari BNI Life ngenalin diri dan minta kita para peserta buat ngerjain psikotesnya. Btw, untuk posisi bancassurance specialist ini cuma ada dua tahap seleksi, yaitu tahap psikotes dan interview doang. Jadi, abis lo kelar psikotes yang bareng-bareng itu, lima belas menit kemudian lo dipanggil untuk inteview dengan user.   

Psikotesnya sendiri terdiri dari tes TIU 5 dan TKP, tesnya pun nggak susah-susah amat menurut gue. Nah waktu gue tes ini, ada sekitar tujuh sampe sepuluh orang yang nggak lolos dari sekitar tiga puluh orang yang kepanggil. Kalau lo lolos nanti lo akan dipanggil satu per satu untuk interview dengan user, isi interviewnya seperti biasanya aja lo minta dijelasin tentang diri lo, kekurangan kelebihan lo, apa yang lo ketahui tentang posisi yang lo lamar, dan nanti di akhir sesi lo ditanya apakah ada pertanyaan dan ada baiknya lo ngasih pertanyaan ke mereka, mungkin sekitar jobs desk dan kesulitan apa yang nantinya akan lo hadapi. 

Waktu itu gue sempat ditanya soal hobi gue yaitu nonton variety show Korea dan si user nanya apaan aja yang gue tonton wkwk. Setelah itu gue diminta nunggu tiga hari untuk panggilan selanjutnya, kalau sampe tiga hari nggak dikasih kabar berarti lo belom diterima untuk ngisi posisi tersebut.

Setelah selesai, gue sempet nunggu bentar soalnya mau bareng temen gue yang tadi. Dan pas dia keluar, dia cerita kalo besok dia diminta datang lagi untuk offering  dan kalau masih berminat, dia akan ikut training selama dua minggu dengan sistem gugur, kalau bertahan sampai hari terakhir training maka akan langsung tanda tangan kontrak dan di tempatkan di cabang-cabang BNI yang ada. 

Gue udah mulai pesimis di sini, karena kenapa dia disuruh dateng lagi besok dan gue nggak? Setelah banyak yang keluar, ternyata emang pada disuruh sampai tiga hari lagi dan cuma dua orang yang diminta untuk datang besoknya.

Sampai hari ketiga setelah gue ikut psikotes dan interview, ternyata gue nggak dapat kabar dari pihak BNI Life yang artinya gue belum diberikan kesempatan untuk mengisi posisi tersebut, cuma lumayan bikin gue dapet pengalaman gimana proses psikotes dan interview di BNI Life. Buat kalian yang baca blog ini dan kebetulan dapat panggilan untuk psikotes dan interview, usahakan semaksimal mungkin

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya dapat email interview buat hari Jum'at 14/01/22, eh buka email nya di hari Minggu, duhduhduh gagal deh

    BalasHapus