Cara Membuat Labels di Open Office

By intan lestari - 12/08/2013 10:51:00 AM

          Mail merge ialah suatu aplikasi untuk mebuat surat atau  dokumen dalam jumlah yang banyak atau dengan menggabungkan banyak file berbeda. Mail merge dapat membuat data field pada surat, tabel dan amplop . Yang akan saya jelaskan sekarang ini mengenai membuat label pada open office 
  • Pertama yang harus anda lakukan ialah membuka aplikasi open office pada perangkat komputer anda, kebetulan saya memakai open office versi 4.0.1
  • Lalu pilih file, klik new setelah itu pilih labels
  • Atur angka sesuai gambar di bawah ini,untuk menentukan ukuran label, jika sudah klik save
  • Maka akan ada tampilan seperti ini, berguna untuk memilih jenis kertas jika label di print nanti. Jika sudah selesai klik ok
  • Lalu klik new document maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini
  • Lalu buat file calc berupa tabel pada aplikasi sheet, buat daftar yang ingin anda buat. Seperti ini contohnya
  • Setelah selesai mebuat tabel, kembai lagi ke file yg tadi kita buat di writer,klik tools lalu pilih mail merge wizard 
  • Langsung saja melompat ke step ke -3 insert address block, lalu anda klik select address list seperti di bawah ini 
  • Lalu pilih add, masukan data yang sudah anda buat tadi di file calc, lalu anda klik ok 
  • Setelah memasukan file calc dan mengklik ok,lalu lanjutkan dengan mengklik cancel
  • Lalu klik menu view plih data source
  • Klik bagian kiri yang berisi file calc yang anda buat,lalu klik tables dengan nama sheet1, maka akan ada tampilan seperti di bawah ini
  • Klik dan drag kolom "nama dan bagian" yang terdapat pada gambar di atas, maka akan anda tampilan seperti di bawah ini  
  • Lalu pilih menu insert setelah itu klik fields lalu pilih other 
  • Lalu di dalam other pilih tab database, pilih next record, kemudian klik insert dan akhiri dengan mengklik cancel
  • Copy paste "nama" pada kotak di sebelahnya, sehingga terlihat tampilan seperti di bawah ini. Lanjutkan dengan mengklik menu tools lalu mail merge wizard jika ingin melihat hasilnya
  • Pada mail merge wizard  pilih save,send and print. lalu klik save starting document untuk menyimpanannya
  • Jika sudah tersimpan klik finish
  • Maka akan keluar hasilnya seperti tampilan di bawah ini
  • Jika ingin di print, maka pilih menu file lalu klik print. Maka label anda akan dapat di print
 Selamat Mencoba :)))

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar