Pengertian kewiraswastaan , wiraswasta, wiraswastawan

By intan lestari - 12/26/2013 05:44:00 PM

      1. Kewiraswastaan , Wiraswasta, Wiraswastawan


  • Kewiraswastaan
          Ialah kemampuan dan kemauan dari seseorang untuk menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikanya berhasil. Yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan komensasi dalam bentuk keuntungan  dan ke puasa. Keuntungan berwiraswasta ialah kemungkinana untuk mengatur tingkat keuntungan yang di harapkan, melatih ketajaman intuisi bisnis, meningkatkan sifat tanggung jawab. Sedangg kerugiannya adalah perlunya menjaga relasi untuk kemajuan perusahaan, menanggung beban akibat kerugian perusahaan, pencurahan waktu kerja dan lain - lain.
  • Wiraswasta
         Ialah alternative penyediaan lapangan pekerjaan minim bagi si pemilik modal iu sendiri. Wirasawsta menunjuk kepada seseorang yang memiliki kepribadian diri, antara lain :
  1. Berdiri di atas kekuatan kaki sendiri
  2. Mengambil keputusan untuk diri sendiri
  3. Mengambil resiko
  4. Tegas
  5. Memperhatikan lingkungan sosial untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang
  • Peranan Wiraswastawan, antara lan :
  1. Memimpin usaha secara teknis maupun ekonomis dengan berbagai aspek fungsional
  2. Mencari keuntungan bisnis
  3. Membawa perusahaan ke arah kemampuan
  4. Memperkenalkan hasil produksi baru
  5. Memperkenalkan cara produksi yang lebih maju
  6. Membuka pasar
  7.  Merebut sumber bahan mentah maupun bahan setengah jadi
  8. Melaksanakan bentuk oraganisasi perusahaan baru
Unsur - Unsur Penting Wiraswasta
  • Unsur Pengetahuan : Mencirikan tigkat penalaran yang di miliki seseorang, menyangkut soal pendidikan
  • Unsur Keterampilan : Melalui pelatihan dan pengalaman kerja secara nyata yang di lengkapi keterampilan
  • Unsur Kewaspadaan : Paduan unsur pengetahuan dan sikap mental untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan datang
       2. Perusahaan Kecil dalam Lingkungan Perusahaan

          Perusahaan kecil memiliki peranan peting pada komunitas perusahaan swasta. Pegalaman beberapa negara maju seperti Amerika, Inggris, Jepang menunjukkan bahwa komunitas erusahaan kecil memberikan kontribusi yang perlu di perhitungkan. Seringkali pada perusahaan kecil muncul terobosan - terobosan baru yang penting dalam kondisi perkeonomian yang tidak mengutungkan. Perusahaan kecil yang sekarang sudah menjadi perusahaan besar antara lain ; ASTRA Internasional, General Elektrik,IBM dan lain -lain. Perusahaan kecil dapat berkembang pest menjadi perusahaan raksasa.



Sumber:
http://erieanggraeni.blogspot.com/2011/11/kewiraswastaan-wiraswasta-wiraswastawan.html
http://endahkustiarini.blogspot.com/2011/11/bab-4-kewiraswastaan-wiraswasta.html
http://geadisty.blogspot.com/2011/11/kewiraswastaan-wiraswasta-wiraswastawan.html
http://lukmannurrohman.blogspot.com/2011/11/kewiraswastaan-wiraswasta-dan.html



.

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus