Belajar Bahasa Korea Seru Lewat Instagram!

By intan lestari - 5/05/2019 04:37:00 PM


Belajar itu bisa di mana aja dan kapan aja, salah satunya belajar secara daring. Nah, maka dari itu gue mau ngasih tau lo semua beberapa rekomendasi akun belajar Bahasa Korea di instagram yang bisa diakses secara online. Jadi lo nggak perlu repot-repot datang ke tempat kursus tapi tetap dapat ilmunya, seru kan?

Belajar dari internet itu menyenangkan banget karena lo nggak harus merasa terbebani ketika lo nggak bisa menghafal suatu kata atau kalimat karena lo sudah bayar, lo bisa bolak-balik ngafalin kata-kata tersebut karena tersedia di internet. Seru kan? Gue punya beberapa akun rekomendasi yang biasa gue stalking kalo lagi belajar Bahasa Korea.

Menurut gue akun-akun ini adalah beberapa akun yang memberikan pelajaran Bahasa Korea yang baik dan cukup mudah dimengerti. Ini beberapa rekomendasi akun yang akan gue kasih tau untuk lo pada yang mulai belajar Bahasa Korea, simak di bawah ya!

1. @borassaem


Akun dengan nama @borassaem ini adalah salah satu akun belajar Bahasa Korea yang paling gue suka dan tunggu postingannya, karena penjelasan yang dikasih sama Bora selaku ssaem tuh mudah dimengerti gitu. Belum lagi  feed instgramnya yang rapi dan warna-warni jadi bikin betah lama-lama buat mantengin akunnya.

Akun ini juga sering minta feedback dari para followers kira-kira kosak kata apa yang pengen dipelajari sama kita, terkadang juga kita diajarin kalimat-kalimat slang yang sering dipake sama orang Korea gitu, jadinya kita nggak ketinggalan jaman gitu soal kosak kata gaul dalam Bahasa Korea. Pemilik akunnya juga suka parodiin berbagai macam drama gitu, jadinya selain buat belajar akun ini juga bisa buat hiburan dikala stress mendera.

Btw, Borassaem ini juga belajar Bahasa Korea secara otodidak lho! Dia belajar sampe bisa kaya sekarang tuh totalnya sembilan tahun, saat ini pun dia masih belajar karena ada kata-kata gaul dalam Bahasa Korea yang selalu nambah kan. Terus dari belajar otodidak dan bikin akun belajar online ini Borassaem ini udah ngeluarin buku juga, keren kan?

Bukunya tentang kata-kata yang bisa dipakai kalau lo mau nulis surat ke idola atau sekedar kata-kata yang suka diprint di banner terus dibawa ke Konser gitu, judul bukunya "Dear Oppa" dan udah tersedia di berbagai toko buku fisik dan online di kota-kota yang ada di Indonesia. Kalau lo fangirl dan pengen ngasih semangat ke idola lo lewat surat atau sekedar komentar di instagram, buku ini cocok banget buat dibeli.

2.@jys_korea

Akun @jys_korea ini juga jadi salah satu akun yang sering gue kunjungi buat belajar Bahasa Korea selain @borassaem di atas. Kalo akun @borassaem itu yang ngajarin orang Indonesia dan belajarnya secara otodidak, nah kalau akun ini yang ngajarin orang Koreanya langsung. Tapi tenang aja walau yang punya akun orang Korea, si oemilik akun bisa Bahasa Indonesia kok.
Akun ini bagus banget buat lo pada yang mau belajar Bahasa Korea yang nggak umum gitu, karena akun ini sering ngasih tau Bahasa Korea yang dipakai untuk situasi fomal misalnya lagi interview, dan juga di akun ini lo diajarin bagaimana cara menunjukkan ekspresi dalam Bahasa Korea pada situasi tertentu.

Jadi yang lo pelajari emang Bahasa yang biasa dipake sehari-hari sama orang Korea langsung. Kalimat-kalimat ekspresi di sini tuh bagus banget dipelajarin, apalagi kalo misal lo lagi mau liburan ke Korea atau kebetulan lo termasuk sering berinteraksi sama orang Korea. Akun ini beneran banyak banget ngasih contoh kalimat-kalimat yang lumayan asing ditelinga lo yang pastinya nambah pembendaharaan kata dalam Bahasa Korea lo.

3. @pintarkorea

Kalau akun-akun belajar online sebelumnya banyak ngasih kalimat-kalimat ekspresi dan juga kalimata yang bisa dipakai saat lo mau menyemangati idola, nah akun @pintarkorea ini punya ciri khas postingan yang ngajarin Bahasa Korea lewat lirik lagu atau drama. Akun @borassaem juga gitu, cuma akun @pintarkorea ini yang konsentrasi kontennya lebih ke lirik lagu dan judul drama.

Akun ini tuh juga termasuk sering ngadain workshop dengan kapasitas peserta tertentu, yang nantinya kita dikasih materi buat beajar Bahasa Korea secara langsung dari pengajarnya, dan pengajarnya adalah orang Indonesia.
Selain ngadain workshop yang emang berbayar, akun ini juga lumayan sering ngasih kelas online secara cuma-cuma lewat grup di whatssap. Terus akun ini juga kadang bikin postingan yang isinya pertanyaan dan kita disuruh jawab gitu di kolom komentar. Biasanya pertanyaan diajukan itu cara pengucapannya mirip, tapi kita disuruh milih kata apa yang benar untuk situasi atau objek yang sedang dibicarakan, jadi bisa menchallenge kita dalam memahami Bahasa Korea. Pokoknya seru deh!

4. @koreanclass101

Berbeda dengan beberapa akun belajar online di atas, akun @koreanclass101 ini lebih banyak mengajarkan kita Bahasa Korea dalam bentuk percakapan. Jadi mereka tuh ngasih bentuk percakapan yang biasanya dilakukan sama orang Korea asli gitu, yang nantinya bikin lo lebih paham untuk jawab pertanyaan ini tuh pake kalimat apa dan sebaliknya.

Akun ini juga sering ngasih kosa kata untuk benda, ekspresi, satuan ukur dan lain-lain gitu. Lo juga kadang diminta untuk menentukan kalimat apa yang cocok dan benar untuk melanjutkan sebuah percakapan dalam Bahasa Korea. Mirip-mirip sama @pintarkorea gitu cuma kalau di @koreanclass101 pertanyaannya dalam bentuk kalimat panjang sebuah percakapan bukan per kata gitu.

Bahasa pengantar yang dipakai di @koreaclass101 ini juga bukan Bahasa Indonesia melainkan Bahasa Inggris, jadi lo bisa dapet ilmu lebih banyak kalau belajar dari akun ini. Karena lo bukan cuma belajar Bahasa Korea aja, tapi juga belajar Bahasa Inggirs. Seru kan? Makanya sering-sering stalking akun ini kalau lo mau bisa belajar dua jenis Bahasa sekaligus.

Sebenernya masih banyak lagi akun belajar online Bahasa Korea di instagram ataupun youtube, cuma akun-akun di atas adalah beberapa akun yang sering gue kunjungi kalo lagi mau belajar Bahasa Korea.

Liat kan nggak selamanya suka sama hal-hal yang berbau Korea itu berdampak buruk dan terkesan alay, kalo lo bisa menerapkannya dengan baik malah bisa jadi sumber penghasilan lo. Contohnya si pemilik akun @borassaem, dia awalnya belajar Bahasa Korea ya cuma buat ngerti Oppa-Oppa itu ngomong apaan biar nggak cuma planga-plongo aja kalau nonton drama atau variety show, tapi setelah dia tekuni sekarang dia malah bisa nerbitin buku dan bahkan waktu kemarin Mamamoo sempat ngadain konser di Indonesia dia didapuk untuk jadi penerjemah Mamamoo dan timnya. Keren kan?

Jadi, mulai sekarang nggak perlu malu untuk suka hal-hal yang berbau Korea dan belajar bahasanya, karena kalau ditekuni lo malah banyak dapat manfaat dari situ, mulai dari teman, kerjaan, ilmu dan lain sebagainya. Oh iya, selain aku belajar online di atas gue juga mau ngasih tau salah satu akun yang ngasih contoh kalau fangirling itu banyak manfaat dan bisa bikin berprestasi kok. Nama akunnya gue taruh di bawah ya, bisa dicek kalo kalian pengen tau.




Nah, gue rasa udah cukup segini aja gue ngasih rekomendasi cara belajar Bahasa Korea dan akun belajar online untuk belajar Bahasa Korea. Kalo lo suka lo bisa ikuti cara gue belajar dan follow beberapa akun di atas, kalo nggak, lo bisa coba cari sendiri cara belajar yang menurut lo baik dan cocok buat lo karena cara orang belajar kan beda-beda, yang penting terus semangat dan pantang menyerah. Kalau lo punya uang lebih buat bisa kursus Bahasa Korea ya silahkan aja, malah lebih bagus karena lo bisa praktekin secara langsung. Fighting!!!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar