Belajar Membaca Hangeul Korea, Yuk!

By intan lestari - 4/30/2019 11:49:00 PM

Hari ini gue mau "cukup produktif" ngupdate tulisan di blog ini karena ini blog udah lumayan lama mati suri wkwkwk. Kalo tadi gue bahas soal salah satu member favorit gue di iKON, nah sekarang gue bahas masih tentang hal-hal berbau Korea tapi yang bisa bikin nambah value diri lo karena bisa menguasai atau at least sedikit paham Bahasa para Oppa dan Onnideul, apalagi kalau bukan Bahasa Korea. 

Pasti banyak banget kan dari lo pada yang udah suka Korea dari jaman masih ngetik alay sampe sekarang udah bisa ngetik seperti umat manusia pada umumnya tapi masih aja nggak ngerti Bahasa Korea sama sekali? Sama gue juga dulu gitu. Perasaan hampir tiap libur yang ditontonin drama Korea mulu tapi yang dingerti cuma saranghae sama kamsahamnida doang. Kok melakukan sesuatu secara berulang-ulang cuma dapet greget dan mesem-mesem doang karena ngeliat kisah Oppa dan pacarnya. Nggak seru banget kan ya?

Maka dari itu, mulai dari 2018 awal gue memutuskan untuk lumayan serius belajar Bahasa Korea, masih otodidak sih, nggak lewat kursus Bahasa Korea gitu. Bukan apa-apa, mahal bok! Ini aja brevet gue masih dibayarin Bokap yakali minta uang lagi buat kursus Bahasa kan? Nah, gue awalnya belajar Bahasa Korea itu dari hurufnya dulu.

Iya, gue mulai belajar dari hangeul dulu. Karena beneran deh kalo lo udah bisa baca hangeul, jalan lo untuk bisa ngerti Bahasa Korea tuh jadi lebih gampang. Dan buat menghafal huruf hangeul tuh nggak susah, dalam sehari lo bisa hafal huruf-hurufnya karena bentuknya nggak banyak.

Gue awalnya ngerasa bingung pas liat hurufnya yang asing banget buat gue, cuma pas dikulik ternyata nggak kok. Tapi gue bisa baca hangeul cuma masih belum hafal cara penyebutan huruf per huruf dalam Bahasa Korea untuk huruf konsonan, karena mereka nyebut hurufnya tuh misalkan huruf ㄱ nah gue taunya itu ya huruf g, cuma penyebutan dalam Bahasa Korea huruf ㄱ itu dibaca giyeok dan kalo double kaya ㄲ gue taunya ya huruf gg tapi di Bahasa Korea dibaca ssang giyeok. Untuk lebih lengkapnya lo bisa lihat gambar di bawah.




Related image
Cara baca huruf konsonan dalam hangeul.

Image result for hangeul
Cara baca huruf vokal dalam hangeul.

Nah, setelah lo paham huruf per huruf dalam hangeul, baik yang vokal dan konsonan maka selanjutnya lo udah bisa belajar cara membaca hangeul kalo huruf konsonan ketemu huruf vokal atau sebaliknya. Huruf vokal dalam hangeul itu ada yang tunggal dan ada yang rangkap. Coba liat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.

Image result for hangeul
Ketika huruf konsonan bertemu dengan huruf vokal tunggal.

Ketika huruf konsonan bertemu dengan huruf vokal rangkap.

Ketika huruf konsonan rangkap ketemu huruf vokal tunggal dan rangkap.

Nah satu hal yang perlu lo tau, huruf vokal dalam hangeul itu nggak bisa berdiri sendiri, maka dari itu saat lo mau menulis sesuatu menggunakan hangeul tapi diawali dengan huruf vokal, maka lo butuh bantuan huruf lain yaitu ㅇ. 

Jadi misalkan lo mau nulis nama lo Andi, maka lo nggak bisa nulis dengan seperti ini ㅏㄴ디 tanpa menambahkan ㅇ, karena seperti yang lo liat huruf ㅏ(a) dan huruf ㄴ(n) menjadi terpisah dan tidak akan terbentuk menjadi kata Andi. Nah maka dari itu yang harus lo lakukan adalah menambahkan ㅇ di depannya sehingga membentuk kata 안디 yang terlihat lebih rapi dan memang membentuk kata Andi seperti nama lo. 

Huruf ㅇ jika ditaruh sebelum huruf vokal maka akan membantu dalam membuat kata atau kalimat dalam hangeul yang diawali huruf vokal, tapi apabila huruf ㅇ berada setelah huruf vokal maka huruf ㅇ dibaca menjadi "ng" misalnya dalam kata 사랑해 (saranghae). Ada beberapa huruf lain dalam hangeul yang berbeda cara pengucapannya saat dia bertemu huruf vokal atau huruf konsonan setelahnya. Tapi sebagai pemula dalam hangeul, menghafalkan huruf-huruf di atas sudah cukup membantu lo ketika membaca hangeul, sisanya bisa lo pelajari saat semakin lama lo mengenal hangeul.

Kenapa gue menyarankan lo untuk lebih dulu belajar dan mengerti hangeul bukan langsung ke Bahasa Korea aja? Karena dengan lo bisa membaca hangeul itu memudahkan lo dalam menyerap kata-kata, apalagi kalo lo sering nonton variety show Korea yang suka ada huruf-huruf di videonya itu akan membantu lo lebih baik dalam Bahasa Korea karena lo nggak cuma tau arti kata-katanya tapi lo tau huruf apa saja yang membentuk kata dan kalimat tersebut.

Gue berani bilang ini, karena gue udah membuktikan sendiri, meskipun pembandaharaan Bahasa Korea gue belum banyak-banyak banget, tapi dengan bisa membaca hangeul itu sangat membantu gue untuk paham apa yang dibicarakan. Kadang saat gue nonton web drama Korea gue suka nggak ngerti pemainnya lagi ngomong apaan, tapi karena biasanya web drama selalu menampilkan hangeul dan subtittle di layar, gue jadi bisa cukup mengerti apa yang mereka bicarakan dan nambah pembendaharaan kata gue.
Nah, setelah lo bisa baca hangeul baru lo bisa lanjut belajar Bahasanya bisa dari drama, variety show, lagu atau lainnya. Saran gue sih banyakin nonton variety show ketimbang drama, karena kalau di variety show itu percakapan antar pengisi acara suka ada hangeulnya juga kan dan kadang beberapa jenis ekspresinya itu suka ditaro di video, nah itu tulisan hangeulnya bisa lo cocokkin sama subtittle yang ada dan itu kalo lo kulik pasti ntar bakal dapet kosa kata baru.

Gue makanya lebih suka nonton variety show ketimbang drama kalo lagi pengen nambah pembendaharaan kata dan juga lo jadi tau kalimat yang diucapin sama member itu apa tulisan hangeulnya. Lo jadi dapat ilmu double-double kan? Kalo lo emang misal lebih suka drama soalnya suka banyak Oppa-Oppa yang ganteng, gue saranin nontonnya web drama banyak tuh di youtube, kebanyakan web drama itu suka nulis hangeul dari dialog para pemainnya.

Gue sempet mikir ini mungkin juga buat bantu teman tuli kali ya kalau mau nonton drama dan variety show, soalnya hampir semua web drama dan konten youtube orang Korea tuh suka nyertain hangeulnya juga, lumayan banget buat bahan belajar. Gue ada beberapa rekomendasi akun youtube yang punya web drama bagus-bagus dan ada hangeulnya di video yang bisa bantu lo buat belajar Bahasa Korea lebih baik lagi. Untuk tau rekomendasi drama apa yang bisa lo tonton agar menambah kosa kata Bahasa Korea lo atau sekedar cuci mata doang, silahkan klik linknya di sini.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar