Tugas PKTI 1C Aplikasi Database PostgreSQL

By intan lestari - 10/07/2013 09:16:00 PM


 Pengertian basis data atau data base ialah sebagai suatu apikasi untuk mengatur dan menyimpan data-data agar data tersebut dapaat dengan mudah di temukan jika ingin digunakan kembali. Biasanya data base banyak di gunakan oleh orang-orang yang tertarik pada dunia programmer akan sangat penting untuk menggunakan data base karena akan memudahkan ada mencari file atau data yang di inginkan.

 Ada banyak macam dari jenis database yang dapat di gunakan oleh para user,di antaranya ada yang bersifat satu user ataupun multi user. Kali ini saya akan menjelaskan salah satu aplikasi data base yang bersifat multi user ( dapat di gunakan oleh banyak komputer) aplikasi ini bernama PostgreSQL.

Ciri-ciri basis data :
  • Beorientasi pada data 
  • Bersifat Luwes
  • Kerangkapan data dapat terkontrol ( tidak ada data rangkap)


  • PostgreSQL
 Ialah salah satu jenis aplikasi data base yang dapat di gunakan oleh multi user atau banyak komputer sehingga lebih memudahkan pengguna dalam berbagi file atau data dengan syarat user memiliki hak lisensi BSD. Aplikasi ini sudah banyak di gandrungi oleh para user sebgai aplikasi data base karena menawarkan beberapa fitur dan menu menarik dalam pembuatan basis data atau data base.  PostgreSQL juga memiliki beberapa fitur unggulan antara lain : DB Mirror, PGpool, PGCluster, dan lain sebagainya.
  Kelebihan dari  PostgreSQL ialah aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi sebagai sebuah sistem database karena aplikasi ini sudah di kembangkan sejak lima belas tahun terakhir,sudah banyak terbuti jika database yang di hasilkan dari aplikasi ini memiliki reputasi yang kuat, handal, dan memiliki integritas data yang baik, serta tingkat keakurasian yang bisa di bilang cukup tinggi.  PostgreSQL tersedia utuk berbagai platform yang sudah sangat lazim di gunakan oleh para user seperti ; Mac, Windows, Solaris dan Linux. 


  •  Pengguna  PostgreSQL
 Sudah banyak dari perusahaan besar yang menggunakan aplikasi  PostgreSQL sebagai data base mereka,dengan kata lain banyak sudah perusahaan di bidang pemograman yang menggunakan PostgreSQL  dengan segala kelebihan yang di milikinya . Perusahaan -perusahaan tersebut antara lain
  1. Yahoo! : Menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui siapa-siapa saja para pengguna web yang berselancar di web milik mereka, yahoo juga bisa menyima data sekitar 2 petabyte dan menyatakan jika mereka memiliki tempat penyimpanan paling besar di antar yang lainnya. Mereka menggunakan aplikasi  PostgreSQL yang sudah di modifikasi sebelumnya menjadi suatu mesin penyimpanan dengan berbasis kolom yang berbeda dari model awalnya
  2.  My Space : Merupakan salah satu akun jejarin social yang cukup populer , mereka menggunakan Aster nCluster sebagai gudang data  di atas penggunaan  PostgreSQL tanpa melakukan modifikasi lagi,sehingga kemungkinan besar masih mirip aslinya.
  3. OpenStreetMap : Merupakan suatau proyek kolaborasi yang bertujuan untuk menciptkan peta dunia yang dengan bebas bisa di ubah oeh penggunanya
  4. Afilias : Di gunakan jika orang ingin masuk menggunakan domain seperti .org , .info , dan lain sebagainya
  5. Sony online : Mereka menggunakan database jenis ini untuk menyimpan data jika seorang user bermain online game
  6. Skype aplikasi VoIP :  Situs jejaring sosiala dengan berbagai fitur seperti chat dan webcam ternyata juga menggunakan aplikasi ini untuk basis data yang berpusat pada bisnis
Selain perusahaan terkemuka yang saya jelaskan di atas juga ada beberapa badan fungsional atau instansi pemerintah yang menggunakan data base antara lain:

  • Kepegawaian :untuk berbagai perusahaan yang memiliki banyak pegawai ini penting,biasanya di gunakan sebagai alat untuk absen karyawan berupa scan sidik jari atau jempol
  • Reservasi : Digunakan jika anda memesan kamar hotel atau tigket keberangkatan secara online
  • Perbankan : Biasanya berisi tentang data- data nasabah seperti dalam melakukan pengelolaan data nasabah atau data tabungan atau data pinjaman, pembuatan laporan-laporan akuntansi, pelayanan informasi pada nasabah atau calon nasabah, dan lain-lain.
  • Rumah Sakit : Digunakan untuk mengolah data pasien bisa berupa riwayat penyakit atau dalam administrasi pembayaran


  • Penghargaan Yang di Peroleh
Berkat kelebihan yang dimilki sebagai salah satu aplikasi data basa hingga tahun 2012 sudah banyak penghargaan yang dapat di raih oleh PostgreSQL, antara lain :
  1. Database terbaik tahun 2000 dari Linux Journal Editors’ Choice Awards
  2. Database terbaik tahun 2002 dari Linux New Media Editor Choice Award
  3. Database terbaik tahun 2003 Linux Journal Editors’ Choice Awards
  4. Database terbaik tahun 2004 dari Linux New Media Award
  5. Database terbaik tahun 2004 Linux Journal Editors’ Choice Awards
  6. Ars Technica Best Server Application Award tahun 2004
  7. Database terbaik tahun 2005 Linux Journal Editors’ Choice Awards
  8. Database terbaik tahun 2006 Linux Journal Editors’ Choice Awards
  9. Product of the Year, Database Tool tahun 2008 dari Developer.com
  10. Linux New Media Award tahun 2012 untuk kategori Database Open source terbaik

Kesimpulannya ialah jika aplikasi basis data jenis ini memang sudah tidak di ragukan lagi kemampuannya dalam menyimpan data-data yang cukup penting agar lebih mudah untuk di temukan dan digunakan kembali.


sumber:  Blog1
              Blog2
             
Wikipedia
           

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar