Kebijakan bisnis serta sistem perekonomian dan sistem pasar ( Tugas II softskill pengantar bisnis,september 2013)

By intan lestari - 9/24/2013 06:24:00 PM

 Pada postinga kali ini saya akan membahas tujuan dari kebijakan bisnis serta sistem perekoniman dan sistem pasar.

 Kebijakan bisnis sendiri ialah usaha pemerintah untuk menggunakan sumber daya alam sebaik-baiknya dengan memperhatikanaturan yang ada agar mendapatkan keuntungan tinggi.

 Dalam menentukan kebijakan bisnis pemerintah memilik beberapa tahapan antara lain:

  1. Penyusunan agenda : Merupakan proses yang sangat penting dalam merealisasikan kebijakan bisnis. Dalam proses ini di bahas masalah ekonomi publik dan priotas yang terdapat dalam agenda publik.
  2. Formulasi kebijkan : Masalah yang sudah di input dalam agenda kebijakan akan di bahas pada fase ini dan di cari jalan keluarnya bersama yang berasal dari kebijakan yang ada ataupun alternatif lain.
  3. Adopsi kebijakan : Merupakan proses memberikan hak atau wewenang berdasarkan proses pemeritahan dimaksudkan agar warga negara mengikuti aturan pemerintah.
  4. Evaluasi kebijakan : Proses ini bertujuan menilai dan menelaah kembali kebijakan yang telah di tetapkan agar tidak membertakan salah satu pihak yang terlbat di dalamnya. Kebijakan ini mencakup dasar,penerapan maupun dampaknya. Evaluasi tidak hanya di lakukan di akhir namun dapat dilakukan dalam seluruh proses kebijkan.
Tujuan dari kebijakan bisnis dalam suatu negara itu ialah :
  • Melindungi usaha kecil dan menengah : Merupakan upaya pemerintah agar usaha yang memilki modal kecil tidak tertindas atau kalah saing dengan usaha yang memiliki modal besar seperti koperasi dan kredit usaha rakyat.
  • Melindungi lingkungan hidup sekitar : Dengan cara mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barag yang berguna kembali merupakan salah satu upaya agar menyeimbangkan lingkungan hidup sekitar
  • Melindungi konsumen : Dalam hal ini pemerintah memperhatikan hak-hak konsumen yang ada agar tidak merugikan konsumen sebagai pengguna barang dan jasa dengan memberikan  barang yang aman dan berkulitas.
  • Pendapatan negara : Segala pendapatan negara di kelola dengan baik dan amanah untuk mensejahterkan kehidupan negara. Pendapatan negara dapat di peroleh melalui PBB,PPh,PPN,Bea dan cukai, NPWP, dan lain-lain.
 Sistem perekonomian dan sistem pasar 
  
Merupakan sistem yang di gunakan sebuah negara utuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki baik pada individu atau kelompok. Setiap sistem ekonomi memiliki perbedaan terutama pada faktor produksinya berupa tenaga kerja,modal, sumber daya alam,kewirausahaan dan lain-lain. Sistem perekonomian terbagi tiga antara lain :
  • Perekonomian pasar : Tergantung pada kapitalisme dan liberalisme yang bertujuan agar produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan dengan batas-batas yang telah di tetapkan. Barang yang di produksi berdasarkan penawaran-permintaan.
  • Perekonomian terencana : Bentuk dari perekonomian ini adalah komunisme dan sosialisme. Komunisme ialah sistem yang mengharuskan pemerintah memilik faktor produksi. Sejauh ini negara yang menggunakan sistem ini ialah RRC,Kuba,Korea,Vietnam. Namun negara-negara tersebut juga tidak terlalu memperhatikan faktor produksi.
  • Perekonomian campuran : Merupakan gabugan dari perekonomian pasar dan perekonomian terencana. Namun belum ada satu negarapun yang benar-benar menggunakan sistem pasar seperti ini
Kesempatan bisnis
 Dalam berbisnis kita harus pandai melihat peluang yang ada,karena sebenarnya banyak sekali peluang bisnis asal kita bisa cermat meilhat apa hal yang sedang di gandrungi atau di cari oleh para konsumen

Unsur-unsur dalam aktivitas ekonomi
  1. Keinginan manusia : Merupakan dasar dari kegiatan ekonomi,jika manusia tidak memiliki keinginan yang besar untuk berbisnis mana mungkin bisa bisnis tersebut berjalan dengan baik
  2. Sumber daya alam : Ini hal yang harus sangat di perhatikan karena jika tidak ada sumber daya alam yang di gunakan dan apa tujuannya maka bisnis tersebut akan jalan di tempat bahkan tidak akan bisa terjadi
  3. Cara- cara berproduksi: Kita harus memikirkan bagaiman agar aktivitas produksi tidak menghabiskan banyak biaya namun menghasilkan banyak keuntungan. 
Hakikat bisnis
 Jika ingin memulai suatu usaha haruslah di pikirkan dengan matang jangan hanyak setengah-setengah atau sekedar mengikuti trend yang ada. Kita harus benar-benar memikirkan semuanya mulai dar modal,sumber daya alam,pemasukan,dan pengeluaran jangan sampai besar pasak daripada tiang karena tujuan berbisnis adalah meraih keuntungan bukan merugi. Jadi,pikirkan dulu secara matang apakah anda benar-benar ingin berbisnis atau hanya coba-coba saja jangan sampai anda menyesal di kemudian hari.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian
            http://ludvitasari.blogspot.com/p/sistem-perekonomian-pasar-liberalis-dan.html








  • Share:

You Might Also Like

0 komentar