Pengertian bisnis dan Bagiannya ( Tugas softskill pengantar bisnis,september 2013)

By intan lestari - 9/24/2013 04:54:00 PM

 Sebenarnya ada banyak pengertian bisnis menurut para ahli namun saya mengambil dari garis besarnya saja, bisnis memiliki arti sebuah usaha seseorang atau kelompok untuk meraih keuntungan besar dengan menjual dan menyewakan barang atau jasa. Bisnis juga merupakan kata serapan dari bahasa inggris business dari kata dasar busy yang berarti sibuk. Sibuk dalam hal ini berarti sibuk melakukan kegiatan yang menghasilkan banyak keuntungan.

 Bisnis biasanya di miliki oleh swasta baik perorangan maupun kelompok,pada bagian ini saya akan membahas beberapa jenis-jenis kepemilikan dalam bisnis,antara lain :

  • Perusahaan perorangan : Bisnis yang di pegang oleh satu orang,yang berarti segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan merupakan tanggung jawab satu orang yang menjadi pengelola tunggal di perusahaan tersebut. Hak penuh di berikan kepada perseorangan.
  • Persekutuan : Bisnis yang di kelola oleh dua orang atau lebih yang berkeja sama untuk meraup keuntungan besar. sama seperti perseorangan setiap anggota dalam persekutuan memiliki hak penuh dalam perusahaan termasuk memiliki tanggung jawab jika terjadi segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan,seperti kerugian. 
  • Perseroan : Bisnis yang di kepemilikannya di pegang oleh beberapa orang namun di awasi oleh seorang direktur. Pemilik perusahaan memiliki hak terikat atau hak terbatas dalam mengelola perusahaan. Dalam artian setiap individu yang terlibat dalam perusahaan memilik hak dan tanggung jawab sama untuk mengelola perusahaan.
  • Koperasi : Bisnis yang memiliki badan hukum dengan berlandaskan asas kekeluargaan. Setiap individu yang terlibat dalam koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda berarti individu yang terlibat dalam koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna dari jasa koperasi itu sendiri.
 Bisnis memiliki beberapa jenis, mulai dari menjual barang berbentuk fisik hingga jasa,saya akan membahas beberapa jenis dari bisnis,antara lain :

  1. Manufaktur : Perusahaan yang menghasilkan produk berasal dari bahan mentah. Contohnya perusahaan yang memproduksi barang elektronik.
  2. Bisnis jasa : Bisnis jenis ini tidak menjual atau menyewakan barang secara fisik namun berupa jasa, dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka lakukan. Contoh dari bisnis ini adalah advokat,konsultan dan psikolog.
  3. Pengecer dan distributor : Pihak yang menjadi perantara antara produsen dan konsumen. Contoh dari bisnis ini adalah toko grosir yang memasok barang ke warung-warung kecil untuk di jual kembali kepada pembeli
  4. Bisnis pertanian dan pertambangan : Bisnis yang meghasilkan produk dari bahan mentah hasil pertanian dan bertambangan yang bernilai ekonomis tinggi. Contoh bisnis ini adalah kebun teh dan pertambangan batu bara
  5. Bisnis finansial : Bisnis yang mengarah pada investasi jangka panjang,dengan cara seseorang atau kelompok menanamkan saham mereka pada suatu perusahaan. Menurut saya contoh dari bisnis ini adalah asuransi
  6. Bisnis real estate : Bisnis dalam bidang properti,dalam hal ini pengelola atau pemilik perusahaan menjual dan menyewakan rumah,apartemen utuk menghasilkan keuntungan. Contoh dari bisnis ini  mulai banyak di kembangkan di kota-kota besar seperti jakarta.
  7. Bisnis transportasi : Bisnis dengan cara mengantarkan barang atau individu dari suatu lokasi ke lokasi lain. Contohnya mobil pariwisata atau angkutan umum sejenis angkot dan kopaja
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Tolong carikan 2 tokoh yg 1 dia bergerak dalam bidang jasa atau berbentuk orang dan yg ke 2 manufaktur dalam bentuk benda dan harus di cari kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari masing-masih tokoh. apa ya?? kalau tau tolong kasih tau ke denuverlierer@gmail.com terima kasih. Atau denuverlierer.mywapblog.com

    BalasHapus