Neraca Pembayaran Serta Sistem Perdagangan Luar Negeri di Berbagai Negara ( Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Uni Soviet )

By intan lestari - 6/29/2014 12:40:00 PM



            Sebelum menjelaskan secara detail apa itu neraca pembayaran dan sistem perdagangan luar negeri, akan lebih baiknya jika saya membahas apa itu neraca terlebih dahulu. Neraca adalah merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan suatu entitas tersebut pada akhir periode, yang terdiri dari aset, liabilities, dan ekuitas yang berhubungan dengan persamaan akuntansi tersebut. Tujuan dari neraca adalah untuk mengetahui berapa besar harta kekayaan susatu perusahaan pada waktu tertentu, berapa hutangnya dan berapa modal perusahaan pada saat yang bersamaan.
            Selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu neraca pembayatan dan apa pula tujuan dibuatnya neraca pembayaran ini. Neraca pembayaran ialah suatu sistem transaksi sistematis antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya ialah untuk memberikan informasi kepada pemerintah tentang posisi keuangannya, khususnya yang terkait dengan hasil prakek hubungan dengan negara lainnya. Selain itu juga di gunakan sebagai suatu alat untuk menjelaskan peangaruh dari transaksi terhada pendapatan nasional, sebagai suatu alat untuk mengukur keadaan perkepnomian dalam hubungan internasional dengan suatu negara, dan sebagai alat kebijakan moneter yang akan di laksanakan suatu negara.
            Sistem pencatatatan neraca pembayaran terbagia dua, ada transaksi disebelah debet dan juga ada transaksi disebeleah kredit. Transaksi sebelah debet ialah yang menyebabkan arus uang keluar yang terjadi antar negara. Sedangkan transakasi sebelah kredit ialah yang menyebabkan arus uang yang masuk yang terjadi antar negara.

·         I. Transaksi Berjalan
            Ialah merupakan untuk posisi perdagangan internasional yang luas. Defisit transaksi ini menjelaskan arusa dana yang keluar suatu negara lebih besar dari dana-dana yang diterimanya, meliputi neraca perdagangan dan neraca barang dan jasa.
            Bertujuan untuk menilai neraca perdagangan. Secara sederhana merupakan selisih impor dan ekspor. Jika impor lebih tinggi, maka yang terjadi ialah defisit neraca perdagangan. Sebaliknya, jika eksor lebih tinggi yang terjadi adalah surplus. Neraca jasa adalah neraca perdagangan di tambah jumlah pembayaran bunga kepada para investor luar negeri dan penerimaan dividen dari investasi luar negeri, yang berhubngan dengan pariwisata dan transaksi-transaksi ekonomi lainnya.
·         II. Neraca Modal.
            Ialah bagian dari neraca pembayaran yang menceriminkan perubaha-perubahan dalam kepemilikan aset jangka pendek dan jangka panjang suatu negara. Tujuannya sebagai kredit karena suatu negaa menjua aset berharga keada pihak asing utuk memperoleh uang tuna, sebagi debit suatu negara memberli aset berharga dari pihak asing, sebagai investasi portofolio langsung atau jangka pendek.
·        III. Neraca perdagangan
            Ialah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perbedaan antara nilai moneter atau ekspor dan impor, di sebut juga dengan neraca ekspoor netto. Neraca yang positif berarti negara tersebut mengalami ekspor yang nilai moneterya melebihi impor dan biasa di sebut surplus perdagangan. Sedangkan jika kondisi negatif berarti nilai moneter impor lebh besar dibandingkan nilai ekspor dandisebut sebagai defisit perdagangan. Ini yang di harapkan sebagai kondisi surplus oleh banyak negara. Kondisi ini berpengaruh terhadap pertumbuhan eonomi negara tersebut.

     IV.  Pendapatan Nasional
            Ialah jumlah pendapatan yang di terima oleh seluruh rumah tangga keluarga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi yang biasanya selama satu tahun. Pendapatan nasional merupakan salah satu ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara.
            Adapun beberapa konsep pendapatan nasional, dibawah ini antara lain:

 Produk Domestik Bruto ( GDB)
            Merupakan jumlah nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi dalam batasa wilayah suatu negara ( domestik ) selama periode setahun. Dalam perhitungan PDB ini termasuk juga hasil produksi barang dan jasa dari perusahaan asing di wilayah yang bersangkutan. Barang-barang ini bersifat bruto atau kotor karena barang modal yang belum diperhitungkan penyusutannya.

Produk Nasional Bruto ( GNP )
            Merupakan nilai produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara ( nasional ) selama satu tahun, termasuk produksi barang dan jasa dari perusahaan asing disekitar wilayah yang bersangkutan.

Pendapatan Nasional Netto ( NNP)
            Merupakan jumlah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat dalam periode waktu tertentu, setelah di kurangi depresisasi dan pengganti barang modal. NNP diperoleh dari GNP dikurangi dengan penyusutan

Pendapatan Nasional Netto ( NNI )
            Merupakan pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. Besarnya PNN diperoleh dari NNP di kurang pajak tidak langsung. Pajak tidak langsung adalah pajak yang bebannya dapat dialihkan kepada pihak lain seperti pajak penjualan dan pajak hadiah

   Pendapatan Perseorangan ( PI )
            Merupakan jumlah pendapatan yang diterima oleh perseorangan dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan hal apapun termasuk pembayaran transfer. Transfer Payment adalah penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi tahun ini, melainkan diambil dari sebagian pendapatan nasional tahun lalu. PI diperoleh dari NNI dikurangi dengan pajak laba perusahaan, laba yang tidak dibagi,dan iuaran pensiun. Drgan maksud untuk dibayarkan kembali setelah tenaga kerja tersebut sudah resign

Pendapatan Yang Siap di Belanjakan ( DI )
            Merupakan pendapatan yang siap untuk di manfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang akan digunakan sebagai investasi. DI di peroleh dari PI dikurangi dengan pajak langsung. Pajak langsung adalah pajak yang bebannya tidak dapat dipindah tangan ke pihak lain, contohnya pendapatan.



1.Luar Negeri ( Eropa)
a. Jerman
            Jerman adalah negara dengan ekonomi terbesar di Eropa, PDB terbesar keempat dunia, dan pendapatan nasional bruto terbesar kelima dunia tahun 2008.[15] Sejak era industrialisasi dan kapitalisme industri,[16][17] negara ini berhasil menjadi motor, inovator, dan pengglobal ekonomi. Jerman adalah eksportir terbesar ketiga dunia pada tahun 2011 dengan nilai 1,409 triliun dolar AS (negara Zona Euro termasuk).[18]Templat:Update after Ekspor sendiri berkontribusi terhadap sepertiga keluaran negara ini.[19]Templat:Update after
            Secara umum Jerman tidak banyak memiliki bahan mentah. Hanya lignit dan potas yang tersedia dalam jumlah besar. Sebagian besar pembangkit listrik di Jerman menggunakan lignit sebagai sumber bahan bakar. Minyak bumi, gas alam, dan sumber daya alam lainnya diimpor dari negara lain. Jerman mengimpor kurang lebih dua pertiga dari energinya.
            Sektor jasa berkontribusi 70% terhadap PDB, industri 29,1%, dan pertanian 0,9%. Kebanyakan produk negara ini adalah produk teknik seperti mobil, mesin, logam, dan bahan kimia. Jerman juga merupakan produsen turbin angin dan teknologi tenaga surya utama dunia. Pameran perdagangan terbesar di dunia diadakan di beberapa kota Jerman seperti Hanover, Frankfurt, dan Berlin.Kombinasi dari produksi berorientasi jasa,penggelontoran dana untuk riset, hubungan kuat antara industri dan akademisi, dan hubungan internasional berkontribusi terhadap ekonomi Jerman.
            Dari 500 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan penghasilannya menurut majalah Fortune Global 500, ada 37 yang berkantor pusat di Jerman. Untuk tahun 2010, sepuluh terbesar adalah Volkswagen, Allianz, E.ON, Daimler, Siemens, Metro, Deutsche Telekom, Munich Re, BASF, dan BMW.Perusahaan besar lainnya diantaranya: Robert Bosch, ThyssenKrupp, dan MAN (industri); Bayer dan Merck (kimia dan obat-obatan); Adidas dan Puma (pakaian dan alas kaki); Commerzbank dan Deutsche Bank (perbankan dan keuangan); Aldi, Lidl dan Edeka (ritel); SAP (perangkat lunak); Infineon (semikonduktor); Henkel (produk rumah tangga); Deutsche Post (logistik); dan Hugo Boss (barang mewah). Merk-merk yang terkenal di pasar global antara lain Mercedes Benz, BMW, Adidas, Audi, Porsche, Volkswagen, Bayer, BASF, Bosch, Siemens, Lufthansa, SAP dan Nivea.
            Antara tahun 1991 dan 2010, ada 40.301 merger dan akuisisi yang melibatkan perusahaan Jerman, dengan total nilai sekitar 2.422 miliar euro.Transaksi terbesar sejak tahun 1991 adalah akuisisi Mannesmann oleh Vodafone dengan nilai 204,8 miliar euro tahun 1999, dan merger antara Daimler-Benz dengan Chrysler membentuk DaimlerChrysler dengan nilai 36,3 miliar euro tahun 1998.


neraca perdagangan jerman 2008 - 2014

 arus modal jerman 2008 - 2014
 transaksi berjalan di bandingkan GDP 2008 -2014

Produk Domestik Bruto 2008 - 2014

Produk Nasional Bruto German 2008 -204


b. Italia
            Italia memiliki ekonomi pasar yang dicirikan oleh PDB per kapita yang tinggi dan angka pengangguran yang rendah. Pada tahun 2010, Italia adalah ekonomi terbesar ke-8 di dunia dan terbesar ke-4 di Eropa dalam hal PDB nominal,dan ekonomi terbesar ke-10 di dunia dan terbesar ke-5 di Eropa dalam hal keseimbangan kemampuan berbelanja.Italia adalah anggota pendiri G8, zona Euro, dan OECD.
            Setelah Perang Dunia II, Italia bertransformasi dengan cepat dari ekonomi yang mengandalkan pertanian menjadi salah satu negara yang paling terindustrialisasi[84] dan negara terkemuka dalam hal perdagangan internasional. Italia adalah negara maju, dengan kualitas hidup tertinggi ke-8 di dunia pada tahun 2005[10] dan Indeks Pembangunan Manusia ke-24 pada tahun yang sama. Meskipun adanya krisis ekonomi global baru-baru ini, PDB per kapita (keseimbangan kemampuan berbelanja) Italia masih dekat dengan rata-rata Uni Eropa,sementara angka pengangguran (8,5%) sebagai yang terendah di Uni Eropa.Negara ini dikenal baik atas sektor ekonomi bisnis yang inovatif dan berpengaruh,atas sektor pertanian yang berkarakter industrial dan berdaya saing(Italia adalah penghasil anggur terbesar di dunia),dan atas desain busana, peralatan, industri, otomobil bermutu tinggi dan kreatif.
            Menurut statistik IMF tahun 2010 distribusi sektoral PDB pada tahun 2010 didominasi oleh sektor jasa sebesar 73,3%; diikuti oleh industri sebesar 24,9%; dan pertanian sebesar 1,8%.
            Italia memiliki sejumlah kecil perusahaan multinasional global dibandingkan ekonomi-ekonomi lain yang seukuran, tetapi terdapat sejumlah besar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang terhimpun di beberapa distrik industri dan menjadi tulang punggung industri Italia. UKM ini menghasilkan sektor manufaktur yang seringkali berfokus pada ekspor pasar ceruk dan produk-produk mewah, yang jika pada satu sisi kurang mampu bersaing pada kuantitas itu, maka sisi lain lebih mampu menghadapi persaingan dari Cina dan ekonomi-ekonomi Asia yang sedang tumbuh, yang berbasis ongkos buruh murah, dengan produk bermutu tinggi
            Negara ini menjadi eksportir terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2009.[90] Pertalian dagang terdekat Italia adalah dengan negara-negara lain di Uni Eropa, yang menyumbangkan kira-kira 59% keseluruhan perdagangannya. Mitra-mitra dagang Uni Eropa terbesar, dalam hal proporsi pasar, adalah Jerman (12,9%), Perancis (11,4%), dan Spanyol (7,4%).Pamungkas, pariwisata adalah salah satu sektor yang menguntungkan dan tercepat tumbuh bagi ekonomi nasional: dengan 43,6 juta wisatawan internasional yang tiba dan penerimaan total ditaksir sebesar $38,8 juta pada tahun 2010, Italia adalah negara tersering dikunjungi ke-5 dan peraih pariwisata tertinggi di dunia.
            Meskipun terdapat capaian-capaian penting ini, ekonomi Italia kini menderita banyak masalah. Setelah pertumbuhan PDB yang kuat pada kisaran 5–6% per tahun sejak dasawarsa 1950-an sampai awal dasawarsa 1970-an,dan perlambatan progresif pada dasawarsa 1980-an dan 1990-an, kinerja pertumbuhan tahunan rata-rata pada dasawarsa terbaru adalah cukup buruk pada angka 1,23% dibandingkan dengan rata-rata laju pertumbuhan tahunan Uni Eropa sebesar 2,28%.Kemandekan pertumbuhan ekonomi, dan upaya-upaya politik untuk membangkitkannya kembali dengan belanja pemerintah besar-besaran sejak dasawarsa 1980-an ke depan, sebenarnya justru menggelembungkan utang publik yang cukup parah. Menurut badan statistik Uni Eropa, Eurostat, utang publik Italia berada pada angka 116% dari PDB pada tahun 2010, menempati peringkat rasio utang terbesar ke-2 setelah Yunani (sebesar 126,8%)
neraca perdagangan italia 2008 -2014
arus modal perdagangan italia 2008 - 2014 
 Transaksi berjalan di bandingkan GDP 2008 -2014


 
Produk Domestik Bruto Ital 2008 - 2014
  Impor Italia 2008 - 2014



2. Luar Negeri ( Amerika )
a. Argentina
            Argentina adalah sebuah negara yang kaya dengan SDA, tingkat melek huruf yang tinggi, sektor pertanian yang maju serta industri yang beragam. Malangnya, sejak akhir 1980-an negara ini telah menimbun hutang luar negeri yang tinggi, inflasi sampai 200% sebulan, dan pengeluaran yang merudum. Dalam mengatasi krisis ekonomi tersebut, pemerintahan telah mengambil langkah-langkah seperti liberalisasi perdagangan, deregulasi, dan swastanisasi. Pada 1991, pemerintahan telah melaksanakan reformasi finansial yang radikal dengan mematok peso kepada dolar AS dan mencanangkan pertumbuhan keuangan untuk perlindungan moneter secara undang-undang.
            Walaupun pada mulanya berhasil menurunkan tingkat inflasi dan pertumbuhan PDB yang semakin pulih, krisis ekonomi yang melanda Meksiko, Asia, Rusia dan Brasil pada 1999 telah mengeruhkan keadaan ekonomi negaranya.
            Keadaan ekonominya semakin meruncing pada 2001 dengan widening of spreads pada Bon Argentina, pengeluaran secara besar-besaran oleh bank serta kejatuhan keyakinan pengguna dan para buruh. Usaha pemerintah untuk mencapai zero deficit, menstabilisasikan sistem perbankan, dan mengekalkan pertumbuhan ekonomi tidak mampu membendung masalah ekonomi yang semakin meningkat itu. Pada 21 Desember, Presiden De La Rua telah disingkirkan akibat rusuhan rakyat kelas pertengahan dan Kongres melantik Eduardo Duhalde sebagai ketua negara sementara. Duhalde kemudian bertemu dengan pegawai IMF untuk mendapat pinjaman tambahan $20 juta. Tambatan peso kepada dolar telah digugurkan pada Januari 2002, dan peso telah diapung dari dolar pada Februari yang mengakibatkan mayoritas rakyatnya kehilangan semua simpanan hidup mereka sewaktu kejatuhan ekonomi 2001 (Pada 2002 PDB adalah negatif 11%, inflasi mencecah 41% dan lebih 37% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan).
            Pada 23 Desember 2001, presiden sementara Adolfo Rodriguez Saa telah mendeklarasikan moratorium utang. Menurut pakar agronomi Alberto Lapolla, yang telah banyak menulis tentang transformasi Argentina dari sebuah negara bijian kepada "republik kedelai", 450.000 rakyatnya mati kelaparan di antara 1990 dan 2003. Berdasarkan kajian Institut d'études sur l'État et la participation (IDEP), ia menambahkan bahwa setiap hari 55 anak-anak, 35 dewasa dan 15 warga tua di negara ini mati akibat penyakit yang berkaitan dengan kelaparan.

            Namun demikian pada Januari 2004, keadaan ekonomi telah menunjukkan tanda-tanda membaik disebabkan pertumbuhan dalam yang meriah pada tahun 2003. Pemulihan ekonomi negara diperkirakan berlanjut untuk beberapa tahun yang akan datang dengan kadar pertumbuhan dalam yang konstan. Walaupun begitu, sewaktu perjumpaan tahunan yang dihadiri anggota IMF/Bank Dunia, ketua-ketua IMF, Uni Eropa, G7 negara industri dan Institut Keuangan Internasional (IIF) yang diadakan pada 1-2 Oktober, Presiden Néstor Kirchner telah diberi peringatan untuk segera menstrukturkan kembali hutang negara, menambah belanjawan surplusnya untuk membayar lebih banyak hutangnya serta mengenakan reformasi struktur untuk membuktikan kepada komunitas keu angan sedunia bahwa Argentina layak menerima pinjaman serta investasi dari mereka.

Neraca Pembayaran Argentina 2008 -2014
Arus Modal Argentina 2008 - 2014
Transaksi Berjalan dibandingkan GDP 2008 -2014



Produk Domestik Bruto 2008 - 2014
Import Argentina 2008 - 2014




b. Brazil
            Ekonomi Brazil adalah terbesar kelapan di dunia mengikut KDNK dan terbesar ketujuh mengikut pariti kuasa beli.Brazil mempunyai pasaran bebas sederhana dan sebuah ekonomi berorientasikan ke dalam. Ekonominya adalah yang terbesar dalam negara-negara Amerika Latin dan terbesar kedua dalam hemisfera barat.Brazil adalah salah sebuah dari ekonomi utama berkembang terpantas di dunai dengan purata kadar perkembangan KDNK 5 lebih perastus. Dalam Real Brazil, KDNKnya dianggarkan di R$ 3.143 trilion pada 2009. Ekonomi Brazil telah meramalkan menjadi salah sebuah dari lima ekonomi terbesar di dunia dalam dekad-dekad yang akan datang.
            Brazil adalah salah sebuah anggota pertubuhan ekonomi berbagai, seperti Mercosul, Unasul, G8+5, G20, WTO, dan Cairns Group. Rakan-rakan perdangangannya berbilang dalam ratusan, dengan 60 peratus dari eksport lebih banyak dari barangan dihasilkan atau semi dihasilkan.Rakan-rakan perdagangan utama Brazil pada 2008 adalah: Mercosul dan Amerika Latin (25.9 peratus dari perdagangan), EU (23.4 peratus), Asia (18.9 peratus), Amerika Syarikat (14.0 peratus), dan yang lain-lain (17.8 peratus).
            Menurut dengan Forum Ekonomi Dunia, Brazil adalah negara atas dalam evolusi ke atas daya saing pada 2009, memperoleh lapan kedudukan di antara negara-negara lain, mengatasi Rusia untuk pertama kalinya, dan sebahagian menutup jurang daya saing dengan India dan China di antara BRIC ekonomi. Penting langkah yang diambil sejak tahun 1990 menuju keberlanjutan fiskal, serta tindakan yang diambil untuk liberalisasi dan membuka ekonomi, telah secara signifikan meningkatkan daya saing fundamental negara itu, menyediakan persekitaran yang lebih baik bagi pembangunan sektor swasta.
            Pemilik sektor teknologi canggih, Brazil mengembangkan projek-projek yang berkisar daripada kapal selam ke pesawat dan terlibat dalam kajian ruang angkasa: negara memiliki sebuah pusat pelancaran satelit dan satu-satunya negara di Hemisfera Selatan untuk mengintegrasikan pasukan bertanggung jawab atas pembangunan Stesen Angkasa Antarabangsa (ISS). Ini juga merupakan pelopor dalam pelbagai bidang, termasuk etanol pengeluaran.
            Brazil, bersama-sama dengan Mexico, telah di garis depan Amerika Latin syarikat multinasional fenomena di mana, berkat teknologi yang unggul dan organisasi, syarikat tempatan telah berjaya berbalik global. Syarikat multinasional ini telah membuat peralihan ini terutama dengan melakukan pelaburan besar-besaran di luar negeri, di kawasan-kawasan ini dan sekitarnya, dan dengan demikian mewujudkan suatu hidangan peningkatan pendapatan mereka secara antarabangsa.
            Brazil juga merupakan pelopor dalam bidang penyelidikan minyak air yang dalam dari mana 73 peratus daripada cadangan syarikat diekstrak.Menurut statistik kerajaan, Brazil adalah negara kapitalis pertama yang membawa bersama-sama sepuluh kereta terbesar syarikat perakitan dalam wilayah negaranya.
            Brazil tahunan Investment Summit terjadi di São Paulo dan merupakan pertemuan terbesar di Brazil para ahli pelaburan antarabangsa meliputi peluang di kenderaan alternatif, infrastruktur, dan strategi perdagangan maju.
Neraca Perdagangan Brazil 2008 -2014

 Arus Modal Brazil 2008 - 2014
 Transaksi Berjalan dibandingkan GDP 2008 - 2014
 Pendapatan Domestik Bruto  Brazil 2008 - 2014
 Import Brazil 2008 - 2014


3. Luar Negeri ( Timur Tengah )
a. Israel        
            Israel dianggap sebagai salah satu negara termaju di Asia Barat Daya dalam hal pembangunan ekonomi dan industri. Negara ini menduduki peringkat nomor 3 di kawasan tersebut menurut Indeks Kemudahan Berbisnis Bank Dunia dan Laporan Daya Saing Global Forum Ekonomi Dunia.
            Pada tahun 2007, Israel memiliki produk domestik bruto ke-44 terbesar dan pendapatan per kapita ke-22 tertinggi (berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja) di dunia sebesar AS$232,7 miliar dan AS$33.299 secara berurutan.Pada tahun 2007, Israel diundang untuk bergabung ke dalam Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antar negara-negara yang menjunjung prinsip-prinsip demokrasi dan ekonomi pasar bebas.
            Walaupun sumber daya alam Israel terbatas, pembangunan yang intensif pada sektor agrikultur dan industri selama puluhan tahun menjadikan Israel dapat berswasembada pangan secara garis besarnya, terkecuali pada serealia dan daging sapi. Pada tahun 2006, impor Israel mencapai AS$47,8 miliar, yang terdiri dari bahan bakar fosil, bahan-bahan mentah, dan peralatan militer.Komoditas ekspor utama Israel meliputi buah-buahan, sayur-sayuran, obat-obatan, piranti lunak, bahan-bahan kimia, teknologi militer, dan intan; pada tahun 2006, ekspor Israel mencapai AS$42,86 miliar.
            Israel menduduki peringkat pertama di dunia dalam hal konservasi air dan penggunaan energi panas bumi.Israel juga mengembangkan teknologi-teknologi piranti lunak, komunikasi, dan sains di Silicon Wadi.Sejak tahun 1970-an, Israel telah menerima bantuan ekonomi dari Amerika Serikat, dan pinjaman dari Amerika Serikat tersebut menduduki proporsi hutang luar negeri Israel yang cukup besar.Pada tahun 2007, Amerika Serikat menyetujui bantuan sebesar AS$30 miliar kepada Israel untuk sepuluh tahun ke depan.
            Pariwisata, utamanya wisata religi, juga merupakan bidang industri Israel yang penting. Permasalahan keamanan di Israel telah menghambat perkembangan industri ini, namun belakangan jumlah turis mulai meningkat.Pada tahun 2008, sekitar 3 juta turis berkunjung ke Israel.

Neraca Perdagangan Israel 2008 - 2014
 Arus Modal Israel 2008 - 2014
 Transaksi Berjalan dibandingkan GDP 2008 - 2014
Produk Domestik Bruto Israel 2008 - 2014
 Import Israel 2008 -2014


b. Yaman
            Kebijakan ekonomi Yaman didasarkan pada mekanisme pemasaran dan kebebasan ekonomi yang mendukung inisiatif investasi.Otoritas Investasi Umum, menyadari pentingnya keterlibatan sektor swasta dalam proses pembangunan di Yaman, dan kebutuhan untuk membawa lompatan besar dalam tingkat investasi dari berbagai sektor, dalam upaya diversifikasi ekonomi Yaman, dan di koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait, banyak kesempatan disiapkan, yang berisi peluang investasi dalam produksi, sektor pertanian dan jasa baru ini ada banyak kesempatan tersedia di Republik Yaman.
            Yang tujuan GIA untuk mempromosikan mereka di tingkat lokal dan internasional berada dalam jangkauan penanam modal pengusaha Yaman, Arab dan asing, lembaga pembiayaan lokal dan asing dan Lain instansi terkait untuk berkontribusi dalam menafsirkan Konsep investasi dan membawa mereka menjadi cahaya.
                                                                                                                       

             Yaman diklasifikasikan dalam negara yang kurang berkembang, namun dianggap sebagai negara yang penuh dengan sumber daya ekonomi utama yang belum dieksploitasi secara ekonomi, khususnya minyak dan gas, perikanan dan sumber daya mineral yang berbeda.
            Indikator ekonomi paling penting di Yaman adalah sebagai berikut:
             Pertanian dan perikanan merupakan tingkat antara (15-20)% dari produksi domestik bruto di mana daerah budidaya dianggap 3% dari wilayah republik kotor sehingga Daerah tanam merupakan persis (67,9)% dari Daerah budidaya.
            Pertambangan dan penggalian industri dan industri manufaktur merupakan tingkat antara (30-40)% dari produksi domestik bruto, dan ekstraksi dan pemurnian minyak merupakan bagian terbesar dari tingkat ini dan kontribusi dari sektor minyak bumi produksi dalam negeri mencapai tingkat (25 -35)%, dan rata produksi minyak bumi dalam jangkauan Yaman (435,000) per barel dalam sehari.
            Yaman ekonomi tumbuh pesat dan tingkat rata berkisar membatalkan nya pertumbuhan antara (10-15)% dari harga saat ini yang mencapai oleh akun harga konstan untuk tingkat (2-4)%. Membatalkan Produk domestik bruto - Per kapita: Pembelian daya paritas Dolar 800
            Ekspor merupakan (33,4%) dari produksi domestik bruto dan impor merupakan (29,3%) dari produksi domestik bruto. Oleh karena itu, rasio eksposur untuk ekonomi Yaman mencapai (62,7%) sekitar. Ekspor yang paling penting, di Yaman, di bidang barang mentah yang merupakan (94-97%) dari ekspor bruto sedangkan barang konsumsi langsung merupakan tingkat antara (1-4%), dan barang mentah impor dari jarak antara ( 55-60%) dari bruto impor yang merupakan barang konsumsi langsung (15-20%) dan barang modal merupakan (20-25%).
            Impor Yaman dari negara Arab antara (30-40%) impor kotor sedangkan ekspor ke negara Arab berkisar antara (5-10%) dari ekspor bruto ke luar negeri. Negara Asia, bukan Arab, dianggap sebagai pasar terbesar untuk ekspor Yaman. Yaman ekspor ke mereka antara (70 - 85%) dari ekspor bruto. 
Neraca Perdagangan Yaman 2008 - 2014
Transaksi Berjalan dibandingkan GDP 2008 - 2014 
Produk Domestik Bruto Yaman 2008 - 2014 
Eksport Yaman 2008 - 2014 
Import Yaman 2008 - 2014 




4. Luar Negeri ( Uni Soviet )
a. Rusia
            Sistem Perdagangan Rusia (Russian Trading System atau RTS) adalah pasar saham didirikan pada tahun 1995 di Moskow, mengkonsolidasikan berbagai lantai perdagangan regional menjadi satu pertukaran. Awalnya, RTS dibuat sebagai sebuah organisasi nirlaba, kemudian diubah menjadi sebuah perusahaan saham gabungan.
            Bursa Saham RTS menghitung dan menerbitkan 9 indeks: Indeks RTS, Indeks RTS-2, dan 7 indeks sektoral. Indeks RTS dan Indeks RTS-2 dihitung dengan menggunakan dua daftar berbeda dari saham.
Pada tahun 2011, MICEX bergabung dengan Russian Trading System (RTS) menciptakan MICEX-RTS.

Neraca Perdagangan Rusia 2008 -2014


 Arus Modal Rusia 2008 - 2014
 Transksi Berjalan dibandingkan GDP 2008 - 2014
 Produk Domestik Bruto Rusia 2008 - 2014
 Import Rusia 2008 - 2014


b. Tukmenistan
            Ketika Uni Soviet mulai runtuh, Turkmenistan dan republik Asia Tengah lainnya cemas akan keadaan negara, karena mereka membutuhkan kekuatan ekonomi dan pasar umum dari Uni Soviet untuk bisa mencapai kemakmuran. Namun demikian, Turkmenistan mengumandangkan kemerdekaannya pada tanggal 27 Oktober 1991, dan merupakan republik terakhir Soviet yang memisahkan diri.
            Pada tahun 1991, Turkmenistan bergabung dalam Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, sebuah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara-negara pecahan Uni Soviet. Namun, Turkmenistan mngurangi status keanggotaannya dalam organisasi tersebut menjadi "anggota asosiasi" pada Agusus 2004. Pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Turkmenistan bahwa kebijakan negara tersebut akan netral selamanya
            Pemimpin lama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan, Saparmurat Niyazov menjadi presiden pertama Turkmenistan setelah keruntuhan Uni Soviet. Di bawah kepemimpinan beliau, hubungan antara bangsa Rusia dan Turkmen sangat dingin. Beliau menyebut dirinya sebagai seorang promotor Muslim tradisional dan budaya bangsa Turkmen, bahkan beliau menyebut dirinya sebagai Türkmenbaşy, yang berarti Pemimpin semua bangsa Turkmen. Perpanjangan kekuasaan beliau bertambah besar pada awal 1990an, dan pada tahun 1999, beliau menjadi Presiden seumur hidup.
            Beliau meninggal dunia pada 21 Desember 2005 tanpa meninggalkan pewaris. Seorang mantan wakil perdana menteri dikabarkan adalah anak tidak sahnya beliau. Gurbanguly Berdymukhamedov dipilih untuk menggantikan beliau pada 11 Februari 2007 melalui pemilihan umum.
Neraca Perdagangan Turkmenistan 2008 -2014

 Transaksi Berjalan dibandingkan GDP 2008 - 2014
 Produk Domestik Bruto Turkmenistan 2008 - 2014
 Export Turkmenistan 2008 - 2014
 Import Turkmenistan 2008 - 2014



























           
           































  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya merasa bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu membeli tiga kali sehari, dan saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari mereka yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020,00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp300.500,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus